THE INFLUENCE OF THE SOCRATIC METHOD OF SEMINARS ON STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS ON HISTORY SUBJECTS
DOI:
https://doi.org/10.19184/jhis.v9i1.53703Keywords:
Socratic Seminars; Pendidikan Sejarah; Berpikir Kritis; Pendidikan SejarahAbstract
Permasalahan utama dalam dunia pendidikan terdapat pada proses belajar mengajar yang kurang efektif, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah atau belum optimal. Penggunaan metode pembelajaran Socrates Seminars diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir. tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode socratic seminars terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di SMA Negeri 5 Jember dengan pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, dan uji ancova. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa rata-rata kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Kesimpulan yang didapat bahwa penggunaan metode pembelajaran socratic seminar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik selama proses pembelajaran sejarah berlangsung.
Downloads
References
Acim, R. (2018). The Socratic method of instruction: An experience with a reading comprehension course. Journal of Educational Research and Practice. 8(1): 41-53.
Afidah, et. al. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Socratic Circles Disertai Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (3) : 37-47
Arends, R. (2012). Learning To Teach Ninth Edition. New York: McGraw-Hil.
Aqib, Z dan Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Azis, T. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. 1(2): 308-318.
Cahya, N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Murid Kelas IV SDN 209 Inpres Garantiga Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Jabar, F. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika. 24(2): 130-135.
Berliana, A. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Socratic Seminars Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bukittinggi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Billings, L., & Roberts, T. (2006). Planning, practice, and assessment in the seminar classroom. The High School Journal. 90(1): 1–8.
Brown, et. al. (1993). The Paideia Program. Materials presented at the Annual International Conference of the National Institute for Staff and Orgainizational Development on Teaching and Excellence and Conference of Administrators (15th, Austin, TX, May 23-29, 1993). https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED365394.pdf
Chowning, J. (2009). Socratic Seminars In Science Class. Science teacher. 76(7): 36-41
Kurniasari, Y. & Setyaningsih, Y. (2020). Socratic Seminar Method to Improve Students’ Critical Thinking Ability in Indonesian Language Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 509: 805-810.
Marzano, et. al. (1988). Dimensions of Thinking : A Framework for Curricuum and Instruction. Virginia: Semline Inc.
Nurjannah, A. & Suprapto, N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Socrates Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 3(02): 20-26.
Pallant, J. (2010). SPSS survival manual A step by step guide to data analysis using the SPSS program. New York.
Pangestuti, dkk. (2019). Pengaruh Metode Socriates Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 3(1): 85-94.
Putri, M. & Sani, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi Kelas Dengan Metode Seminar Socrates Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kalor Kelas X Sma Negeri 8 Medan T.P 2013/2014. Jurnal Inpafi. 3(1): 129-138.
Puji, et. al. (2019). The Implementation Of Problem Based Learning Through Audio Visual Media In Improving Student’s Basic Level Of Critical Thinking Ability And History Learning Outcomes. Jurnal Historica. 3(1): 49-63.
Puji, R. (2020). Implementation Of Problem Based Learning With Audio Visual To Improve Critical Thingking And Learning Outcomes Of Historical Subjects. Jurnal Historica. 4(1): 15-29.
Rabana, D. 2020. ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA AL-AQSHA KENDAHE KAB. KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MANADO.
Redhana, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Seminar Socrates Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Pendidikan. 33(1): 27-38
Tucker, J. & Neely, P. (2010). Using Web Conferencing and the Socratic Method to Facilitate Distance Learning. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning.7(6): 15-22
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). Sleman: Aswaja Pressindo
Sutiyono. (2017). Pengembangan Civic Skills Melalui Seminar Socrates Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 2 (2): 59-6.