STRENGTHENING HISTORICAL LITERACY THROUGH AUTHENTIC ASSESSMENT IN HISTORY LEARNING IN THE CITY OF BANJARMASIN

Authors

  • Fitri Mardiani Husni Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Melisa Prawitasari Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Sriwati Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Dewicca F. Nadilla Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.19184/jhis.v9i1.53697

Keywords:

Pembelajaran Sejarah; Literasi Sejarah; Penilaian Otentik

Abstract

Literasi sejarah, salah satu jalur yang dapat diambil untuk memberikan pembelajaran sejarah yang kontekstual dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penguatan literasi sejarah melalui penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran sejarah di SMAN 5 Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjeknya adalah guru sejarah dan siswa kelas X. Untuk analisis data, teknik berdasarkan Miles dan Huberman: pengumpulan data, reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasilnya adalah bahwa pembelajaran sejarah dengan penilaian autentik dapat menjembatani siswa menjadi melek sejarah. Guru menekankan pentingnya memberikan penilaian berbasis proses yang autentik (penilaian formatif) dengan berbagai aspek, seperti kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam penerapannya, hal ini dapat mengakomodasi keterampilan berpikir sejarah tingkat tinggi. Adanya penilaian autentik dengan menghadirkan strategi untuk memperkuat literasi sejarah menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa di SMAN 5 Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armiyati, L., & Purwanta, H. (2024). PENGUATAN LITERASI SEJARAH MELALUI HISTORICAL INQUIRY: BELAJAR DARI SINGAPURA. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 5(1), 664-682.

Ayundasari, L. (2022). Implementasi pendekatan multidimensional dalam pembelajaran sejarah kurikulum merdeka. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1), 225-234.

Azkia, L., Mardiani, F., Setiawan, A., & Ameliasari, N. (2023). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SDN ANJIR PASAR KOTA 2 DESA ANJIR PASAR KOTA, KECAMATAN ANJIR PASAR, KABUPATEN BARITO KUALA, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(11), 4149-4156.

Bardi, Y., Ermelinda, R. N. D. B. M., Andriany, F. P., Pare, A. D. N., Datoq, R. A. D., & Nurrahim, W. A. Z. R. M. (2025). Kurangnya Minat Baca di Kalangan Mahasiswa: Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Maumere. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 3(2), 106-119.

Cuprianto, C., & Firmansyah, M. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Sejarah dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Politik Siswa Sekolah Menengah Atas. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 61-67.

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19-25.

Triyanto, J. R., & Na’im, M. (2024). Storythat Comic Based on the Ngideri Dhisah Tradition to Enhance Students’ Visual Perceptual Skills. Diakronika, 24(2), 92-105. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol24-iss2/439

Kamaliah, L., Rosidah, C., Talenta, I. D., Ariestiyani, E., & Utami, A. R. (2025). Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Literasi Digital. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 12(2), 746-757.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Me, 2024

Kurniawati, K., Djunaidi, D., Rahman, A., & Ayesma, P. (2021). Literasi sejarah melalui bedah dan diskusi film sejarah. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 4(1), 19-29.

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66-78.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Minarti, I. B., Dewi, L. R., & Kurniawati, A. (2023). Implementasi Asesmen Autentik Pembelajaran Biologi Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang. Journal on Education, 5(4), 17576-17586.

Nafi, U., & Purwanta, H. (2024). Literatur review : Analisis perbandingan literasi sejarah di Australia dengan Indonesia. 4(Juli), 326–344.

Nurhayati, E., & Ahmad, T. A. (2018). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 21-30.

Rahman, A., & Kurniawati & Winarsih, M. (2021). Penerapan Literasi Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 30 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 57-76.

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis kesiapan guru mengimplementasikan asesmen autentik dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 12(01), 87-103.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65-75.

Septiyawati, L., Cahyani, T. R., & Ananda, T. (2024). Peranan Literasi Dalam Mengembangkan Pola Pikir yang Kritis dalam Proses Pembelajaran. JUPENSAL: Jurnal Pendidikan Universal, 1(2), 378-386.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wiggins, G. P. (1993). Assessing student performance. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Downloads

Published

2025-06-16

Issue

Section

Articles