THE STRUGGLE AND ROLE OF DEWI SARTIKA IN REALIZING WOMEN'S EDUCATION IN INDONESIA: HER CHALLENGES AND SUCCESSES

Authors

  • Yoga Mulanda Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.19184/jhis.v9i1.53690

Keywords:

Pendidikan Perempuan; Dewi Sartika; Emansipasi; Pergerakan Nasional

Abstract

Perempuan dalam sejarah Indonesia sering kali kurang mendapatkan sorotan dalam narasi sejarah, terutama dalam perjuangan pendidikan. Raden Dewi Sartika merupakan salah satu pelopor pendidikan perempuan yang berperan penting dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi kaum perempuan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Dewi Sartika dalam menghadapi tantangan ketidaksetaraan gender dan bagaimana usahanya dalam mendirikan sekolah bagi perempuan di masa pergerakan nasional. Melalui metode penelitian sejarah dengan studi literatur, ditemukan bahwa perjuangan Dewi Sartika menghadapi berbagai hambatan, termasuk budaya patriarki yang kuat serta kurangnya dukungan masyarakat dan pemerintah kolonial. Meskipun demikian, kegigihannya berhasil mengubah pandangan masyarakat terhadap pendidikan perempuan, yang akhirnya membuka akses lebih luas bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan. Dampak dari perjuangannya tidak hanya meningkatkan literasi perempuan, tetapi juga mengubah struktur sosial dan peran perempuan dalam masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. D., & Fachrurozi, M. H. (2022). Gerakan emansipasi perempuan dalam bidang pendidikan di Jawa Barat pada awal abad kedua puluh. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 5(1).

Alfinah. (2022). Peran Raden Dewi Sartika dalam memperjuangkan pendidikan perempuan Indonesia. Kumparan. Diambil dari https://kumparan.com/salfinah/peran-raden-dewi-sartika-dalam-memperjuangkan-pendidikan-perempuan-indonesia-1xlcvgranlf pada 26 Maret 2025

Amar, S. (2017). Perjuangan gender dalam kajian sejarah wanita Indonesia pada abad XIX. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 1(2), 106-119.

Bratasiswara, H. (1997). Dr. Ki Hadjar Dewantara, Pejuang, Pendidikan, Budayawan dan Pahlawan Nasional. Surakarta: Rekso Pustoko.

Daryono, Y. (2008). Biografi pahlawan nasional Raden Dewi Sartika sang perintis. Yayasan Awika.

Fachrurozi, M. H. (2019). Politik etis dan bangkitnya kesadaran baru pers bumiputra. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(1).

Faujiah, E. (2020). Gagasan Dewi Sartika pada Tahun 1904-1947 dalam Perspektif Islam. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 17(2), 205-212.

Gottschalk, L. (2008). Mengerti Sejarah. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Hadi, S., & Sutianingsih, W. (2015). Dinamika pendidikan perempuan di Indonesia. Bandung: Penerbit Ilmu

Haidah, A. (2023). Kiprah Organisasi Wanita Taman Siswa dalam Memperjuangkan Hak Pendidikan Perempuan Indonesia. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 2(3), 26-37.

Hanif, W. (2016). Komik Dewi Sartika Sebagai Media Pendidikan Sejarah Untuk Anak Smp Di Jawa Barat. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 4(3).

Herlina, N. (2006). 9 Pahlawan Nasional Asal Jawa Barat. Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan, Lembaga Penelitian, Universitas Padjadjaran.

Jayudha, I. A., & Darmawan, W. (2020). Pendidikan bagi perempuan indonesia: perjuangan raden dewi sartika dan siti rohana kudus (1904-1928). FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9(2), 161-174.

Komariyah, K. (2022). Perkembangan Pendidikan Sekolah Kautamaan Istri di Bandung Tahun 1904-1947 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Labibatussolihah, S., Rahayu, N., & Handayani, T. (2019). Sejarah pendidikan perempuan di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Maulid, P. (2022). Analisis feminisme liberal terhadap konsep pendidikan perempuan (studi komparatif antara pemikiran Dewi Sartika dan Rahmah El-Yunusiyyah). Jurnal Riset Agama, 2(2), 602-631.

Mulyanto, M., Az Zahrah, F., & Muslimah, F. W. (2025). Menggali Pemikiran Rahmah El Yunusiah dalam Pendidikan Islam. TSAQOFAH, 5(1), 832-843. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i1.4637

Nurainun, T. (2021). Peranan Raden Dewi Sartika dalam memperjuangkan pendidikan kaum perempuan di Kabupaten Bandung tahun 1893-1904 [Skripsi, Universitas Siliwangi]. Repositori Universitas Siliwangi. https://repositori.unsil.ac.id/5482/

Nurhasanah, A., & Fadilah, P. R. (2024). PERAN RADEN DEWI SARTIKA DALAM PENDIDIKAN KAUM PEREMPUAN,(1904-1920). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 6954-6961.

Pradita, R. (2020). Dampak pendidikan terhadap emansipasi perempuan di Indonesia. Surabaya: Penerbit Nusantara.

Ridjal, F., dkk. (1992). Dinamika Gerakan Perempuan di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sartika, D. (2020). Kautamaan Istri. Situseni.

Setyagama, D. (2014). Pendidikan dan perempuan: Perspektif historis. Jakarta: Gramedia

Sjamsuddin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sulistiani, Y., & Lutfatulatifah, L. (2020). Konsep Pendidikan Bagi Perempuan Menurut Dewi Sartika. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 2(2), 118-129.

Suwirta, A. (2009). Sejarah pendidikan perempuan Indonesia: Dari kolonial hingga reformasi. Bandung: Alfabeta

Syakur, I. A., Esa, R. W., Suryani, N., Damayanti, S. D., Istiqomah, R., & Akmal, S. N. (2024). Perjuangan Dewi Sartika dalam pendidikan di Kabupaten Bandung tahun 1904-1947. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAN AGAMA, 2(1), 1-11.

Wardah, E. S. (2014). Metode penelitian sejarah. Jurnal tsaqofah, 12(02), 163-175.

Wieringa, S. (2007). The struggle for women’s education in Indonesia. Leiden: KITLV Press.

Wiriaatmadja, R. (2009). Dewi Sartika. Direktorat Nilai Sejarah.

Yuniarti, E. S. (2018). Pendidikan Bagi Perempuan Jawa Pada Abad Ke 19. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 12(1), 30-38.

Downloads

Published

2025-06-16

Issue

Section

Articles